Minggu, 20 November 2011

PROPOSAL PENELITIAN


TOPIK
Sistem Informasi Penjualan Tiket

JUDUL
Sistem Informasi Penjualan Tiket Maskapai Penerbangan BATAVIA AIR

LATAR BELAKANG
Di Indonesia, beberapa tahun terakhir ini sejak mulai dicanangkannya Visit Indonesia Year pada tahun 1991, mulai banyak bermunculan maskapai – maskapai penerbangan di Indonesia.
Penggunaan transportasi udara di Indonesia saat ini mulai meningkat dan membuat pihak maskapai penerbangan membutuhakn perusahaan jasa travel dalam penjualan tiket penerbangan mereka. Untuk sebuah biro jasa travel membutuhkn program aplikasi dalam penjualan tiketnya yang terhubung langsung dengan perusahan penerbangan. Selain untuk mempercepat daya kerja karyawannya dalam melayani pelanggan, tentunya mempermudah bagi mereka untuk pembukuan di akhir periode (baik dalam harian, mingguan, bulanan maupun tahunan).
Oleh sebab itu, dengan ini saya mengajukan proposal penelitian untuk meneliti bagaimana sistem informasi penjualan tiket yang dilakukan oleh pihak penerbangan BATAVIA AIR yang bekerja sama dengan beberapa biro perjalanan yang ada di Indonesia.

PERUMUSAN MASALAH
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah :
1.  Bagaimana sistem informasi yang dibangun dapat menjawab kebutuhan informasi yang berkenaan dengan pendataan calon penumpang?
2.  Bagaimana sistem informasi menyajikan laporan statistik yang berkenaan dengan pertumbuhan jumlah penumpang?

BATASAN MASALAH
1.      Sistem informasi dibangun berdasarkan pengelolaan dan manajemen perusahaaan maskapai penerbangan

TUJUAN PENELITIAN
1.      Membangun sistem informasi yang dapat diimplementasikan di perusahaan maskapai penerbangan yang memiliki aturan dan manajemen yang berlaku pada perusahaan tersebut.
Membangun sistem informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan dengan mempertimbangkan kemampuan lembaga dan sumber daya manusianya


LANDASAN TEORI
Saat ini, pengguna transportasi udara di Indonesia meningkat. Pemesanan tiket pun dilakukan dari jauh – jauh hari sebelum keberangkatan, apalagi saat musim liburan. Hal tersebut merupakan hal yang sangat dinantikan oleh perusahaan penerbangan karena produk mereka laku. Tetapi, dari perusahaan penerbangan pun tidak bisa melayani semuanya di loket tiket pada setiap bandara. Oleh sebab itu, mereka sangat membutuhkan beberapa jasa travel untuk penjualan tiket mereka.
Setiap perusahaan penerbangan pasti bekerja sama dengan jasa travel dan mereka membutuhkan sebuah aplikasi demi memudahkan mereka dalam melayani permintaan customer.
Dari semua sistem informasi yang akan mereka butuhkan dalam penjualan tiket penerbangan mereka kepada costumer, seperti aplikasi penjualan tiket dan lain sebagainya. Oleh karena itu kami bermaksud akan meneliti sistem  informasi apa saja yang akan digunakan oleh perusahaan penerbangan.

OBJEK PENELITIAN
Objek penelitian ini adalah perusahaan penerbangan BATAVIA AIR.

RENCANA BIAYA PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian karya ilmiah untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana pada universitas gunadarma, maka semua biaya penelitian ditanggung oleh penulis.

JADWAL WAKTU PENELITIAN
1.   Minggu I              : Persiapan.
2.   Minggu II – IV      : Pengumpulan data, pengolahan dan analisis data secara garis besar.
3.   Minggu V – IX      : Penyusunan laporan draf, mulai dari BAB I sampai dengan BAB V
4.   Minggu X – XII     : Laporan akhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar